KISI - KISI SOAL SELEKSI MASUK SC FISIKA 2015/2016

Monday, August 03, 2015 Posted by Unknown No comments
Mekanika

Adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari dan berusaha menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan pergerakan benda-benda.

Terbagi lagi kedalam beberapa sub-cabang, yang ditulis disini hanya sebagian kecil materi yang akan keluar pada tes seleksi nanti.

Tes akan dibagi kedalam 2 sesi, sesi pertama adalah berupa soal pilihan ganda, sedangkan sesi kedua adalah berupa soal essay.

Pada sesi pertama, cakupan materi yang ditanyakan lebih luas, tetapi tidak terlalu mendetail dan lebih kepada konsep-konsep dasar dan penerapannya saja (tidak perlu analisis matematika dan menyelesaikan persamaan yang rumit, bahkan hampir bisa dibilang tidak ada hitungan).

Materi tes sesi pertama :

1. Vektor
Operasi matematika sederhana dalam vektor

2. Kinematika
Kinematika 1 dimensi & 2 dimensi, transformasi Galilean(Galileo Transformation)

3. Dinamika
Dinamika translasi, dinamika rotasi, jenis-jenis gaya yang umum (seperti gaya gravitasi, gaya gesek, gaya tegang tali, dan gaya normal), gaya sentripetal

4. Energi
Energi kinetik translasi, energi potensial gravitasi, energi kinetik rotasi, teorema usaha-energi, hukum kekekalan energi

5. Momentum
Momentum linear, momentum angular, teorema impuls-momentum, hukum kekekalan momentum, koefisien restitusi

6. Gerak Harmonik Sederhana (Osilasi)
Periode & frekuensi osilasi, osilasi pada bandul matematis, osilasi pada pegas


Kemudian pada sesi kedua, berkebalikan dengan sesi pertama. Cakupan materi pada sesi kedua ini sangat terbatas, tetapi dalam proses pengerjaannya harus dengan perhitungan dan analisis yang jelas, soalnya pun terbilang cukup rumit. Soal bukan sekedar menanyakan konsep, tetapi lebih ke mencari dan menyelesaikan permasalahan dengan hukum-hukum fisika yang berlaku (sesi ini serupa dengan soal OSK, OSP, OSN).

Materi tes sesi kedua :

1. Kinematika 1 dimensi & transformasi Galilean
2. Dinamika translasi seputar sistem katrol & bidang miring
3. Pemahaman tentang hukum kekekalan energi dan teorema usaha-energi

Jangan pernah mencoba mempersiapkan diri anda dengan cara menghafalkan rumus, percayalah kalau hal itu tidak akan membantu anda sama sekali. Jauh lebih baik kalau anda mempelajari dan memahami dengan sangat baik konsep dan kegunaan dari salah satu materi daripada anda menghafalkan rumus semua materi yang ada pada kisi-kisi. Ingat kualitas mengalahkan kuantitas.

Kebanyakan pendaftar SC Fisika sering kali berpikir kalau fisikanya masih seperti fisika SMP, dimana rumus bisa menyelesaikan setiap soal. Sayangnya, apa yang akan anda hadapi pada tes nanti adalah fisika yang sesungguhnya, yaitu memahami alam, bukan sekedar menggunakan rumus.

Saran saya, kalau mencari buku untuk belajar, pelajari buku fisika SMA kelas 10 & 11 yang kurikulum 2013 untuk konsepnya, saya merekomendasikan yang penulisnya Marthen Kanginan. Sebetulnya lebih bagus lagi kalau kalian mempelajari buku fisika dasar untuk tingkat mahasiswa seperti David Morrin, Giancoli, Halliday Resnick, dll, tetapi mengingat waktu yang singkat, saya rasa cukup buku-buku sekolah. Bisa juga meminjam seri buku olimpiade fisika Mekanika dan Fluida karya Prof. Yohanes Surya di perpustakaan. Kemudian pelajari juga soal-soal OSK OSP OSN dari tahun ke tahun yg banyak beredar di internet.

Semangat dan good luck ^^

Go Get Golds!

0 comments:

Post a Comment