Mengenal Ras Manusia Sebagai Anugerah Tuhan

Tuesday, December 23, 2014 Posted by Unknown No comments
A : "Duh, gue minder banget jadi orang item begini"
B : "Lu emang dari sananya begitu, terima aje udeh hahahaha"
A : "Tapi gue malu kalo setiap ketemu dia(?) gue pengen lebih kece dikit kek orang bule gitu"
B : "@$%$@!*$@!$>" 

Mungkin sebagian orang masih mengalami hal seperti itu(?)di saat orang hitam di USA mulai bangkit seiring hilangnya diskriminasi, ini malah banyak orang yang rasis mendiskriminasikan diri sendiri.
Semua manusia pada dasarnya sama, bro sist. Membeda-bedakan perlakuan terhadap sesama manusia karena warna kulit atau wujud fisik itu salah besar, Tuhan menciptakan manusia berbeda dan beragam, perbedaan itu anugerah yang harus disyukuri, Tuhan ingin di antara kita manusia untuk saling mengenal dengan perbedaan. Prestasi orang juga gak bergantung wujud fisiknya, buktinya sekarang Barack Obama udah jadi Presiden USA, ye gak?

Wahh... kok jadi ceramah gini sih, wkwkwkwk... oke lanjut, di sini SC Geografi bakal membahas tentang ras manusia. Hmmm... pasti udah sering denger 'ras'. Oke kita bahas dulu nih pengertian ras.

Menurut John H. Relethford, penulis buku The Fundamentals of Biological Anthropology, ras adalah sebuah kelompok masyarakat yang memiliki karakteristik biologis tertentu dan setiap kelompok masyarakat memiliki karakteristik biologis yang khas sehingga berbeda satu sama lain. Pengelompokan manusia ke dalam ras didasarkan dua hal, yaitu:
1) Ciri Kualitatif
    Ciri fisik manusia yang meliputi warna kulit, warna mata, warna rambut, bentuk rambut, bentuk hidung, dll.
2) Ciri Kuantitatif
    Ciri manusia yang ditunjukkan oleh berat badan, tinggi badan, ukuran badan, bentuk dan ukuran kepala (pokoknya yg bisa dihitung).

Nah, udah cukup kebayang kan definisi ras yang sebenarnya? Mungkin juga masih banyak yang masih bingung, bedanya ras sama etnis apa sih? Hmmm.... oke sekarang kita bahas perbedaan dari keduanya.
Ras     = Lebih mengacu kepada karakteristik biologis yang didasarkan dua ciri di atas (kualitatif dan kuantitatif).
Etnis   = Kelompok sosial yang secara umum memiliki kesamaan ras dan asal-usul. Anggota etnis juga memiliki kesamaan dalam hal sejarah (keturunan), bahasa (baik yang digunakan ataupun tidak), sistem nilai, serta adat istiadat dan tradisi. 
Udah jelas nih perbedaannya?? Sekarang lanjut yuk klasifikasi ras manusia..
Ini di bawah ada tabel klasifikasi ras manusia yang sudah saya buat sama berdasarkan buku yang saya baca "Suplemen Sumber Belajar Olimpiade Geografi 2" pada halaman 233-234.
Ras Utama
Ras Khusus dan Campuran

Ras saya Mongoloid, apa rasmu? hehehehehe... 
Nah, sekarang kita sudah bisa nentuin dia itu ras apa ya, penyanyi idola kita ras apa ya, presiden negara ini ras apa ya, dan lainnya! 
Jangan lupa tinggalkan komentar dan share ilmu ini ke teman-teman kalian lewat media sosial! Terima kasih~ 


0 comments:

Post a Comment